Wednesday, May 23, 2012

India Kandidat Seri Pembuka MotoGP 2013

MESKI belum diumumkan secara resmi, India diperkirakan akan masuk sebagai salah satu negara yang akan menyelenggarakan balap MotoGP tahun depan. Tak cuma masuk dalam daftar kalender MotoGP, India juga diperkirakan bisa menjadi tuan rumah pertama dari seluruh rangkaian MotoGP 2013.
Biasaya, seri pertama MotoGP dalam beberapa tahun terakhir (sejak 2004) selalu digelar di Qatar dalam suasana balapan malam hari. Namun dengan masuknya India jadi tuan rumah MotoGP maka India bisa saja menggeser Qatar sebagai tuan rumah pertama.
Alasannya adalah karena faktor cuaca di India yang biasanya mendukung untuk balapan hanya pada bulan-bulan tertentu. sehingga potensial India menjadi tuan rumah di seri pertama MotoGP 2013.
Sameer Gaur, Managing Director dan Chief executive Officer dari Jaypee Sports, yang mengelola sirkuit International Buddh India menegaskan keinginannya dalam waktu yang tidak terlalu lama, India bisa menjadi tuan rumah MotoGP dan kejuaraan dunia superbike disamping menyelenggarakan pergelaran Formula satu.
"Kami ingin mengakomodasi untuk menyelenggarakan semua balapan itu, tapi kendalanya di India itu hanya terbatas ada lima bulan yang cuacanya bagus (antara Oktober sampai Maret) yang menjadi saat-saat ketika balapan-balapan tersebut bisa digelar di sana," kata Gaur.
Sementara itu, CEO Dorna (pemegang hak komersial MotoGP) pernah menyatakan India akan menjadi tuan rumah MotoGP dan penyelenggaraan MotoGP di India di gelar di awal-awal musim.
India sendiri pernah dikunjungi oleh beberapa rider top MotoGP seperti Jorge Lorenzo. Di awal 2012, Lorenzo pernah datang ke sana dan mencoba sirkuit International Buddh.
Di tahun 2010, Valentino Rossi saat masih bersama tim Yamaha juga pernah datang dan bertemu fans asal India saat menghadiri pameran otomotif di sana. Baik Lorenzo maupun Rossi sama-sama berharap ada pergelaran MotoGP di India.
"Berkesan sekali bisa mengunjungi sirkuit Buddh. Track ini modern dan luas. Saya pikir persiapan sudah cukup dan siap untuk berada di kalender (MotoGP). Saya percaya akan menarik untuk balapan dengan adanya banyak peluang untuk menyalip.

No comments:

Post a Comment